Tuesday, July 16, 2019

BLU Integrated Online System (BLU-BIOS)





Kementerian Keuangan telah mengembangkan system aplikasi Badan Layanan Umum (BLU) Integrated Online System(BIOS) yaitu sistem aplikasi berbasis web yang mengintegrasikan data layanan dan keuangan BLU untuk penyempurnaan proses bisnis, analisa data, dan pengambilan keputusan sebagai bentuk layanan berbasis elektronik.

Tujuan BLU BIOS dapat digunakan antara lain sebagai alat penyampaian dokumen usulan tarif layanan BLU, usulan remunerasi BLU, usulan penetapan BLU, izin penggunaan saldo awal, izin belanja di atas ambang batas, laporan pembinaan, laporan pengawasan, laporan tarif layanan BLU, laporan remunerasi BLU, laporan kinerja BLU, dokumen Rencana Bisnis dan Anggaran BLU, monitoring, evaluasi, dan analisis data atas kinerja layanan dan keuangan BLU, serta Office Automation. Selain itu sebagai sarana komunikasi dan korespondensi dengan satker BLU, sehingga pembinaan pengelolaan keuangan BLU yang cepat, efektif dan efisien dapat tercapai.

BLU BIOS yang saat ini sudah Go Live adalah versi 2.0 yang salah satu bagiannya yaitu Office Automation (OA), yang berfungsi melaksanakan otomatisasi proses pengelolaan tata naskah dinas elektronik yang mendukung efisiensi sumber daya manusia. Disamping itu BIOS 2.0 juga dilengkapi QA dan hosting BIOS Mobile.

BIOS dapat diakses atau digunakan oleh:
a. Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan;
b. Kementerian/lembaga atau dewan kawasan;
c. Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan;
d. Tim penilai penetapan BLU, tarif, dan remunerasi;
e. BLU; dan
f.  Dewan pengawas BLU.


No comments:

Post a Comment